Jenis-Jenis Umpan Yang Digunakan Orang Luar Indonesia Untuk Memancing

Cacing Tanah (Eartworm) Umpan Universal Yang Dipakai Oleh Hampir Semua Anglers
Cacing Tanah (Eartworm) Umpan Universal Yang Dipakai Oleh Hampir Semua Anglers (thehansindia.com)
Halo, mancing mania! Cacing tanah (earthworm) adalah umpan mancing yang universal karena bisa dipakai di segala lokasi memancing baik di kolam, rawa, sungai maupun laut. Umpan ini hampir selalu dibawa oleh anglers pada saat memancing.  Lalu selain cacing tanah, umpan apa yang anda juga harus sediakan di dalam kotak perbekalan memancing anda, guys? Nah, Simak ya guys, selain cacing tanah orang-orang di luar negeri menggunakan jenis-jenis umpan yang dipakai dalam memancing berikut ini.


Baca Juga: Fungsi Minyak Essen Sebagai Perangsang Ikan

Umpan Dari Bahan-Bahan Makanan 

  • Selain menggunakan cacing, anglers menggunakan potongan roti, daging ayam, ikan, jagung, keju, hot dog, sosis atau daging mentah sebagai umpan mancing. Misalnya untuk ikan lele yang sangat menyukai aroma amis atau yang menyengat anda bisa memakai potongan daging, usus atau hati sebagi umpan. Selain itu, bisa juga menggunakan serpihan sereal. Cukup hancurkan, tambahkan air dan buat menjadi bola kecil. Anda juga bisa menggunakan soda merah dan bukan air, karena terlihat akan lebih menarik bagi ikan.
Bahan-Bahan Pengganti Cacing Sebagai Umpan
Bahan-Bahan Pengganti Cacing Sebagai Umpan (wikihow)
  • Bahan makanan lain yang bisa anda dapatkan di dapur atau lemari makanan anda adalah biskuit yang bisa anda campur dengan hati ayam. Hancurkan biskuit dan campurkan dengan hati ayam yang sudah anda hancurkan. Selanjutnya, tambahkan air untuk membuat adonan yang lembut. Anda sekarang memiliki umpan buatan sendiri yang murah yang sangat ideal untuk menarik ikan.
Produk Jagung Kalengan Untuk Umpan Mancing
Produk Jagung Kalengan Untuk Umpan Mancing (Tokopedia)
  • Gunakan jagung kalengan sebagai umpan. Butiran jagung ini adalah salah satu umpan pancing favorit yang teruji waktu di kalangan para pemancing. Butiran jagung bisa langsung anda tancapkan di ujung kail dan biasanya digunakan untuk memancing ikan mas. Jika jagung kalengan tidak tersedia, anda bisa merebus sendiri jagung dan bisa digunakan sebangai umpan.
  • Hati kalkun. Hati ayam adalah salah satu pilihan umpan paling populer untuk pemancing lele. Namun, nampaknya di Indonesia jelas akan sulit untuk menemukan jenis umpan yang satu ini ya, guys... Lha, wong nyari ayam kalkunnya aja susah... 😂

Umpan Hidup
  • Umpan hidup selain cacing yang juga bisa dipakai untuk memancing adalah jangkrik dan belalang. Untuk ukuran di Indonesia, jangkrik adalah yang paling lazim digunakan karena bisa dibeli di tempat penjual pakan burung. Target ikan yang dipancing dengan menggunakan jangkrik biasanya adalah ikan lele.
Jangkrik Salah Satu Contoh Umpan Hidup Untuk Memancing
Jangkrik, Salah Satu Contoh Umpan Hidup Untuk Memancing (masbroo.com)

  • Lintah, keong/siput, atau invertebrata lainnya yang biasa menempel di rumput juga bisa anda gunakan sebagai umpan pengganti cacing.
Udang Adalah Umpan Favorit Untuk Berbagai Jenis Ikan Target Terutama Di Laut
Udang Adalah Umpan Favorit Untuk Berbagai Jenis Ikan Target Terutama Di Laut (upasaman.blogspot)
  • Udang adalah umpan pancing yang sangat populer terutama untuk dipakai memancing di laut. Baik udang hidup maupun potongan tubuh udang adalah umpan yang sangat layak anda gunakan, ya guys.
Umpan Tiruan


umpan tiruan lures pancing
Variasi Umpan Tiruan (wikihow)


  • Umpan tiruan sangat banyak bentuknya, baik dari bahan logam, karet, spons, kayu dan lain sebagianya.
  • Umpan tiruan juga banyak yang dilengkapi dengan aksesories yang bisa menimbulkan efek bunyi, efek berpendar dalam gelap, efek melayang sehingga tampak seperti hidup.
  • Umpan tiruan lazimnya digunakan sebagai umpan pada saat memancing dengan menggunakan teknik casting dan ikan target biasanya adalah ikan predator.

Umpan Racikan Sendiri

Sama seperti di Indonesia, umpan racikan di luar negeri juga biasanya digunakan untuk target ikan mas. Ikan Mas dengan habitat yang tersebar di sebagian besar Asia relatif menyukai makanan yang manis karena di habitat aslinya mereka memakan buah-buahan yang jatuh ke dalam kolam.

Bahan-bahan yang anglers luar negeri pakai juga tidak terlalu berbeda dengan yang biasa dipakai oleh anglers di Indonesia. Berikut beberapa bahan dan racikan yang digunakan. Tidak menutup kemungkinan, selain ikan mas, umpan racikan ini bisa juga anda gunakan untuk mendapatkan ikan target lainnya seperti Nila atau Bawal.

  • Racikan Roti Jagung. Siapkan roti jagung,  jagung manis dalam kaleng dan dua potong roti (bisa gunakan roti tawar). Potong roti menjadi potongan-potongan kecil, dan masukkan ke dalam mangkuk pencampur. Tambahkan campuran roti jagung dan kaleng jagung, dan campurkan dengan tangan sampai tercampur rata.
Contoh Roti Jagung (www.highheelsandgrills.com)
  • Racikan Umpan Roti Sandwhich Selai Kacang. Kumpulkan bahan-bahan berikut: 4 potong roti, ½ cangkir makanan burung (biji-bijian), ½ cangkir selai kacang, dan ¼ cangkir air. Lalu, gabungkan dua roti untuk membuat sandwich selai kacang dengan menggunakan selai kacang dan roti. Tambahkan biji-bijian makanan burung ke dalam wadah untuk mencampur. Kemudian, sobek sandwich menjadi potongan-potongan kecil, dan tambahkan ke mangkuk yang sudah berisi makanan burung tadi. Tuang air secukupnya, lalu dengan tangan Anda, campurkan sampai tercampur rata. Umpan siap digunakan
Bahan-Bahan Racikan Umpan Pancing Roti Sandwich Selai Kacang & Pakan Burung
Bahan-Bahan Racikan Umpan Pancing Roti Sandwich Selai Kacang & Pakan Burung (wikihow)
  • Umpan Racikan Roti-Jelly. Kumpulkan bahan-bahan berikut: 4 potong roti, 1 bungkus bahan pembuat jelly rasa strawberry, ½ cangkir tepung, dan ¼ cangkir air hangat. Tambahkan campuran bahan jelly ke air hangat, lalu tambahkan tepung ke dalam mangkuk. Potong roti menjadi potongan-potongan kecil, dan campurkan ke dalam mangkuk. Perlahan tuangkan air jelly yang sudah dicairkan dengan air hangat dan aduk rata. Tambahkan sedikit air ke dalam campuran sampai tingkat kekenyalan yang diinginkan. 
Bahan Racikan Umpan Pancing Roti - Jelly Strawberry
Bahan Racikan Umpan Pancing Roti - Jelly Strawberry (wikihow)

Demikian guys, jenis-jenis umpan yang bisa anda gunakan untuk memancing selain menggunakan cacing. Tidak perlu putus asa ketika satu umpan tidak tersedia, karena ternyata ada begitu banyak umpan yang digunakan baik umpan hidup, umpan tiruan maupun racikan bahan yang bisa anda pakai untuk memancing. Anda juga bisa mencoba jenis lainnya yang sekiranya bisa digunakan untuk umpan memancing. Semakin kreatif, maka potensi anda untuk berhasil mendapatkan ikan target akan semakin besar. 

Oke guys.. selamat memancing dan salam mancing mania...!


~Aliemsurya~


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Umpan Yang Digunakan Orang Luar Indonesia Untuk Memancing"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray